TINGKATKAN MUTU GENETIK SAPI, DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN INDRAMAYU LAKSANAKAN TRANSFER EMBRIO

INDRAMAYU Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang melaksanakan aplikasi Transfer Embrio (TE) di lapangan. Lokasi aplikasi TE di lapangan dengan pendampingan dari BET Cipelang di laksanakan di Kec. Haurgeulis, Kec. Gantar dan Kec. Anjatan.

Transfer Embrio (TE) merupakan suatu teknik memasukkan embrio ke dalam alat reproduksi ternak betina sehat (resepien) dengan alat tertentu dengan tujuan agar ternak bunting. Pelaksanaan TE di lapangan dengan memilih resepien yang tepat dari calon resepien yang sebelumnya disiapkan oleh petugas Dinas Kabupaten yaitu Inseminator.

Setelah dilakukan aplikasi TE, peternak diharapkan untuk terus memantau ternaknya, setelah 3 bulan setelah di TE peternak harus menghubungi petugas Pemeriksa Kebuntingan (PKb) untuk memastikan adanya kebuntingan atau tidak. Keuntungan dari aplikasi TE ini yaitu apabila ternak sapi yang di TE  sampai bunting dan melahirkan, maka pedet yang dihasilkan murni 100% adalah dari bangsa sapi unggul hasil TE, baik dari bangsa Simental, Limousine dan Angus.

Apabila yang dilahirkan jantan, maka dapat dipelihara dan dibesarkan sebagai pejantan unggul dan apabila yang dilahirkan betina, dapat dijadikan indukan yang unggul, artinya bila disuntikkan dengan straw IB yang sesuai maka anaknya murni 100% bangsa sapi unggul (Simental, Limousine maupun Angus). Peternak pemelihara ternak resepien TE harus memenuhi kebutuhan minum dan pakan hijauan maupun konsentrat untuk ternak resepien TE tersebut agar pertumbuhan bisa optimal dan kebuntingan bisa dijaga dengan baik. ( Tim B)

 

Categories:

Kontak Kami

Jalan Tanjung Pura Karang Malang Indramayu

eMail : disnakkeswan.imy@gmail.com

Tlp : 0234 – 7121830