Pelaksanaan Kegiatan Transfer embrio (TE) di Kabupaten Indramayu

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu Bekerjasama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Bogor melaksanakan kegiatan Transfer Embrio (TE) ternak pada ternak sapi di Kabupaten Indramayu. TE dilaksanakan di beberapa wilayah di Kabupaten Indramayu, dengan ternak sapi yang sebelumnya sudah diseleksi dan dinyatakan layak untuk mendapatkan TE.

TE adalah merupakan bioteknologi reproduksi kedua setelah Insseminasi Buatan (IB). kegiatan TE dimulai dari produksi, distribusi/penyebaran, dan transfer embrio. Embrio sebagai hasil pembuahan sel telur yang unggul dan dibuahi dengan sperma dari pejantan yang juga memiliki mutu genetic unggul

Melalui teknologi TE bukan hanya potensi pejantan saja yang dioptimalkan, melaikan potesi dari betina berkualitas unggul juga dapat dimanfaatkan secara optimal. Hasil dari betina unggul ini ternyata secara alamiah hanya menghasilkan satu atau dua bibit unggul dalam jangka waktu sembilan bulan kelahitan. Tetapi dengan teknik TE bisa menghasilkan lebih dari dua embrio yang di panen, dan dengan TE diharapkan di Kabupaten Indramayu bisa menghasilkan bibit ternak dengan kualitas unggul.